Breaking

Tuesday, January 10, 2017

Ketua MPR Orasi 4 Pilar Kebangsaan di SMP N 1 Purworejo










Dikutip dari Suara Merdeka ( http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/ketua-mpr-orasi-kebangsaan/ ) Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyempatkan diri memberikan orasi kebangsaan dalam pagelaran reuni akbar pertama para alumni SMP1 Purworejo, Senin (26/12). Kehadiran Zulkifli menjadi bagian dari rangkaian kunjungan kerjanya ke Purworejo untuk melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan.
Dalam orasinya, Zulkifli mengingatkan seluruh keluarga besar Tut Wuri Handayani, utamanya keluarga besar SMP 1 beserta seluruh alumni agar benar-benar memegang teguh empat pilar kebangsaan sebagai pondasi utama tegak dan berdirinya negara Indonesia.
“Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 harus terus kita pegang teguh. Empat pilar itu menjadi benteng utama untuk terus menjaga negeri yang sudah diperjuangkan para pahlawan pendahulu kita,” katanya.
Di hadapan para peserta reuni, Zulkifli mengungkapkan keprihatinannya atas banyaknya kelompok masyarakat yang mulai mengabaikan Pancasila sebagai dasar negara. Dia mencontohkan tindakan terorisme.
“Aksi terorisme jelas sekali tidak pancasilais,” tegasnya. Menurut dia, terorisme jelas bertentangan dengan nilai-nilai ketuhahan, nasionalisme, serta persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, terorisme harus dilawan, karena jelas membahayakan eksistensi NKRI.
Keran Demokrasi
Dia menambahkan, setelah reformasi berjalan 17 tahun, keran demokrasi memang terbuka sedemikian lebar. Dampak positifnya siapa pun memiliki kesempatan dan hak yang sama ikut mengelola negeri ini.
Tentu melalui saluran yang sesuai dengan mekanisme hukum. Namun demikian, sambung dia, reformasi juga mengakibatkan persoalan serius yang harus segera dipecahkan.
Salah satu problem krusial yang terjadi adalah kesenjangan ekonomi yang semakin melebar. “Kesenjangan inilah yang sebenarnya menjadi pangkal utama persoalan yang membahayakan.
Termasuk memicu terjadinya ketidakadilan ekonomi hingga memunculkan aksi-aksi terorisme,” katanya. Plt Kepala SMP 1 Purworejo Daryanto mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan Ketua MPR Zulkifli Hasan tersebut.
“Ini membuktikan bahwa SMP 1 Purworejo memiliki jejaring alumni yang sangat bagus hingga bisa mendatangkan Ketua MPR. Selain itu kehadiran Ketua MPR juga akan menginspirasi para siswa di sekolah ini dalam menggapai cita-citanya,” katanya.
Daryanto menambahkan, reuni akbar tersebut juga dimeriahkan dengan kegiatan aneka perlombaan, pameran dengan jumlah 48 stan UMKM, pentas wayang kulit dengan dalang alumni angkatan 1963 Ki Suhud. Reuni tersebut mengangkat tema: “Ngumpul Bareng Migunani”.